Posts

React Native : Part 1 - Getting Started

Image
Halo, di bagian ini saya akan menjelaskan bagian dasar untuk memulai coding dengan React Native. Sebelum itu, sebaiknya dipersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu ya. (saya menggunakan os Windows dalam contoh ini) Tools: Nodejs  (version 5 or higher) Visual Studio Code  (optional) Step: install nodejs install expo Create new project 1. Install nodejs Install nodejs sampai selesai. Untuk mengecek versi dari nodejs, anda dapat menggunakan command berikut di cmd > npm -v Maka akan tampil versi dari node anda, seperti berikut check nodejs version 2. Install Expo Setelah install nodejs, langkah berikutnya adalah install expo. Untuk install expo via cmd, ketik command berikut kemudian enter (prosesnya cukup lama, tergantung koneksi pribadi) > npm i -g expo-cli Maka akan otomatis download, seperti berikut install expo before Jika sudah selesai maka akan seperti berikut install expo after 3. Create New Pr...

TUGAS: Komponen-Komponen CPU dan Fungsinya

Image
Central processing unit (CPU)  adalah bagian dari hardware yang melaksanakan instruksi dari program komputer. Ia melakukan aritmatika, logis, dan operasi input / output dasar dari sebuah sistem komputer. CPU adalah seperti otak dari komputer – setiap instruksi, tidak peduli seberapa sederhana, harus melalui CPU. CPU dikontrol mendayagunakan sekumpulan seruan perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu didalam memori badan (RAM), yang mana berbagai instruksi akan diberi alamat unik yang dibilang alamat kenangan. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki. Komponen-Komponen CPU: 1.   Motherboard Motherboard atau mainboard adalah komponen utama yang membangun sebuah komputer. Berbentuk papan persegi dengan slo...

TUGAS: Sejarah dan Perkembangan Komputer

Image
Komputer berasal dari bahasa latin "computare", yang berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi.  Tetapi pengertian komputer saat ini bukanlah semata-mata sebagai alat hitung saja tetapi adalah suatu alat hitung dengan konstruksi elektronika yang mempunyai storage internal (tempat penyimpanan) dan bekerja dengan bantuan sistem operasi (operating system) menurut program-program yang diberikan kepadanya. Sejarah Komputer Berikut merupakan contoh penemuan komputer: 1. Abacus, a dalah alat yang paling awal digunakan untuk perhitungan yang terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros yang berisi manik-manik yang bisa digeser. Saat ini lebih dikenal dengan istilah sempoa. 2.  Babbage, a dalah mesin hitung mekanik   untuk melakukan perhitungan persamaan differensial yang muncul pada tahun 1822 yang ditemukan oleh Charles Babbage. ...

EVENT: Arsenal Indonesia Supporter JABODETABEK

Image
Kali kedua gua nonton bareng AIS (Arsenal Indonesia Supporter) regional jabodetabek setelah sebelumnya nonton bareng pas Arsenal Asia Tour 2013 lalu. Pecah banget suasananya Final FA Cup 2014 Arsenal vs Hull City ini yang jadi suguhan saat nonton bareng itu. Sudah cukup lama Arsenal puasa gelar. Ya … 8 tahun ++ lamanya. Mungkin ini saat yang tepat untuk angkat piala lagi. Di ujung turnamen FA Cup 2014 Arsenal bertemu Hull City. Gua sendiri berharap Arsenal yang menang di pertandingan itu, begitu juga gooner lainnya. Makanya diadain nonton bareng besar besaran di berbagai regional. Selain untuk gathering, nonton bareng juga jadi pesta rakyat the gunners Berangkat bareng AIS regional Depok, kami menuju The Flavor Bliss Tangerang (venue nonbar) Apresiasi: "She wore a yellow ribbon" The Flavor Bliss Tangerang 10 menit pertandingan berlalu, 2 gol Hull City membawa mereka berada di posisi kemenangan. Arsenal 0 – 2 Hull City. Suasana nonbar hening. Beberapa penonton c...

[NEWS] Launching arickanjass.com

Image
Halo, udah lama ga muncul di blog sekalinya muncul nulis yang ga penting. Tapi ini penting buat gua *tapi ga tau penting ga buat kalian* Oke langsung aja, selamat datang untuk… ARICKANJASS.COM Suatu kepuasan buat gua bisa ilangin .blogspot di alamat blog gua karena dari awal gua bikin blog belom kepikiran buat ilangin .blogspot itu. Kenapa sih diganti jadi arickanjass.com ? Gua punya beberapa alesan kenapa ganti jadi arickanjass.com keliatan lebih profesional ya, biar gua ga terlalu serius dan lagi jarang nulis. seenggaknya biar keliatan profesional aja punya personal blog dengan domain .com gitu from us to us ini udah jadi nazar gua untuk ganti domain .com kalo donasi dari iklan di blog ini udah sampe seratus ribu rupiah. Thanks all buat support visit dan klik iklan nya. kembali menulis mungkin sekarang sekarang ini lagi jarang ada posting an. tapi mulai bulan juni besok, gua usahain 1 minggu ada 5 posting baru di sini. diusahain loh ya belajar sebenernya i...

TUTORIAL: Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2007 / 2010

Image
Menjelang Penulisan ilmiah (PI), gua mau berbagi tutorial cara buat daftar isi di microsoft word 2007 /2010. Buat yang belum paham, daripada cara manual terlihat "titik titik" tidak lurus kan :-p oke langsung aja, langkah pertama adalah mempersiapkan isi dari daftar isi yang mau dibuat, contohnya seperti gambar di bawah 1. Persiapan awal daftar isi udah disiapin isinya, masuk ke mode edit paragraph dengan cara klik seperti gambar di bawah 2. Masuk menu edit paragraph akan muncul tampilan seperti di bawah ini, klik tabs untuk mengedit titik titik yang tampil setelah menekan tab 3. Masuk menu edit Tabs.. Akan muncul tampilan baru lagi, isi Tab stop position 15 cm dan default tab stops menjadi 5 cm , ubah alignment menjadi Right , dan Leader menjadi ..... seperti gambar di bawah. Jika sudah, klik Set kemudian klik OK 4. Setting Tabs keluar dari mode edit tabs, sekarang kalian pindahkan pointer ke arah BAB I PENDAHULUAN, tekan TAB dan lihat hasilnya seper...

DOWNLOAD: Spongebob Diner Dash Deluxe for Android

Image
Diner dash di PC? itu sudah biasa. Sekarang ada diner dash di Android anda. Terlebih lagi, karakter dari game diner dash android ini adalah spongebob squarepants dan kawan kawan. Sangat lucu dan menyenangkan jika melihat mereka menjadi karakter diner dash tersebut. Namun sebagai pembeda di sini, spongebob squarepants menjadi seorang pelayan sedangkan squidward yang biasa menjaga mesin kasir menjadi koki nya. System Requirements: Android OS 2.3.3 (gingerbread up) Screenshots: tampilan awal Spongebob Diner Dash Deluxe Map Spongebob Diner Dash Gameplay Download: Spongebob Diner Dash Deluxe.apk Password: arickanjass Selamat bermain :) Tested on samsung galaxy tab 3

TUGAS: Pengertian Software Blender

Image
Depok, 11 November 2013 2:22 AM Logo Blender (source: google.com) Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor dan  intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak  ada  sifat  royalt  kepada  developer,  dan  dapat  dipublikasikan  baik  free maupun untuk dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai  kelebihan  sendiri  dibandingkan  program  modeling  3D  lainnya.  Kelebihan yang  dimiliki  Blender  adalah  dapat  membuat  game  tanpa  menggunakan  program tambahan  lainnya,  Karena  Blender  sudah  memiliki  Game  Engine  sendiri  dan menggunakan  Python  sebagai  bahasa...

STRAWBERRY PROLOG: Membuat Timer dan Splash Screen

Image
posting ini akan membahas tentang membuat timer dari strawberry prolog dan splash screen yang menggunakan fungsi timer di dalamnya. pertama, buat window dahulu dengan code berikut ?- window(G_pertama,_,window_awal(_), "Window Timer" , 250,200,800,400). kemudian dilanjutkan dengan code berikut window_awal(init):- G_detik := 0, G_waktu is set_timer(_,1.0,fungsi_timer). G_detik adalah inisialisasi nilai awal yang nantinya akan ditampilkan G_waktu adalah variabel yang menginisialisasi timer 1.0 adalah pergerakan waktu dalam satuan detik, 1.0 berarti pergerakan waktu 1 detik. bisa kalian ganti dengan angka lain. fungsi_timer adalah nama fungsi dari timer yang dibuat lanjutkan dengan code berikut fungsi_timer(end):- text_out(350,200,print( "loading: " + G_batas)), G_batas := G_batas + 1. fungsi_timer adalah nama fungsi dari timer yang dibuat text_out artinya menampilkan teks dengan koordinat (350,200), print artinya teks yang ditampil...

STRAWBERRY PROLOG: Membuat Menubar dan Pindah Window Baru

Image
masih melanjutkan posting sebelumnya, di posting ini saya akan menjelaskan tentang pembuatan menubar, membuat window baru dan pindah ke window baru tersebut. menubar adalah sekumpulan menu yang terdapat di bagian atas window. biasanya berupa File, About, dan Help. seperti sebelumnya, buat file baru dengan cara file > new > pilih strawberry prolog, ketikan program berikut terlebih dahulu untuk membuat window pertama ?- window(G_window1, _, window1(_), "ini window pertama" ,100,200,300,400). lalu dilanjutkan dengan code berikut untuk membuat menu bar window1(init):- menu( pop_up, _, _, menu_file(_), "&File" ), menu( normal, _, _, menu_about(_), "&About" ), menu( right, _, _, menu_exit(_), "&Exit" ). seperti penjelasan sebelumnya, (init) berfungsi untuk mengeksekusi pertama kali saat program dijalankan. pada code di atas, kita akan membuat 3 menubar diantaranya File, About dan Exit. perbedaanya pada pop_up, ...

STRAWBERRY PROLOG: Membuat Background dari Gambar

Image
melanjutkan tutorial sebelumnya, di posting ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menampilkan gambar sebagai background. Ketikkan code program di bawah ini pada lembar kerja baru anda. cara membuat lembar kerja baru klik file > new > pilih strawberry project. ?- G_gambar is bitmap_image( "C:/Users/ARICKANJASS/Desktop/tutorial prolog/background.bmp" ,_), window(_, _, window1(_), "ini judul window" ,100,50,1000,700). G_gambar adalah sebuah fungsi yang nantinya akan dipanggil untuk menampilkan gambar bitmap image adalah library dari strawberry prolognya sendiri. C:/Users/ARICKANJASS/Desktop/tutorial prolog/background.bmp" adalah alamat file gambar yang ingin ditampilkan. format gambar yang dapat ditampilkan di strawberry prolog adalah .bmp (bitmap image). window(_, _, window1(_),"ini judul window",100,50,1000,700). berarti membuat window yang akan tampil (lihat di post sebelumnya tentang penjelasan membuat window). lanjutkan code di a...