CodeIgniter : Instalasi CodeIgniter

Logo CodeIgniter

Halo. Pada tutorial ini saya akan menjelaskan cara instalasi framework codeigniter. Secara singkat, codeigniter merupakan framework yang memudahkan web developer untuk membuat website. Codeigniter sendiri menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Cara insalasinya cukup mudah, berikut adalah kelengkapan yang diperlukan untuk instalasi CodeIgniter (dalam case ini saya menggunakan OS Windows, untuk OS lain agar diperhatikan webservernya):

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah install XAMPP Web Server. Cukup ikuti step by step instalasinya sampai selesai. Jika sudah selesai, maka akan muncul XAMPP Control Panel. Klik "start" di bagian Apache dan MySQL seperti gambar berikut

XAMPP Web Server Start Apache & MySQL

Setelah dipastikan start keduanya, berikutnya copy file codeigniter.zip ke dalam folder xampp/htdocs sesuai path yang kalian install untuk XAMPP nya (Default XAMPP Windows: C:\xampp\htdocs). Kemudian ekstrak file codeigniter.zip di folder tersebut lalu rename foldernya menyesuaikan kebutuhan.

anjas_web

Jika sudah diekstrak, buka browser kemudian akses localhost/[nama_folder]

Akses CodeIgniter dari Browser
Selamat, anda sudah berhasil install codeigniter. Jika ada pertanyaan, tulis di kolom comment di bawah ya

*note: XAMPP Apache saya sedikit custom karena port 80 sudah dipakai. Saya menggunakan custom port di 8044 sehingga cara akses menggunakan localhost:8044

Comments

Popular posts from this blog

cheat plants vs zombies menggunakan cheat engine

STRAWBERRY PROLOG: Membuat Garis (Line)

DOWNLOAD: Emulator PlayStation 1 (PS1) for Windows