CodeIgniter : Controllers dan Fungsinya

Logo CodeIgniter


Melanjutkan tutorial sebelumnya, ini merupakan bagian dasar yang wajib diketahui. Seperti namanya, controller berfungsi untuk mengatur segala kegiatan dari website yang dibuat. Mulai dari alamat yang dituju, parameter yang dikirim baik melalui URL ataupun melalui HTTP Request akan diterima di controller.

default controller codeigniter

Sebagai default, codeigniter membuat 2 file di dalam controllers nya, yaitu index.html dan Welcome.php . Semua file yang dipakai menggunakan extension .php ya. Untuk informasi tambahan, awalan controllers biasanya kita gunakan huruf kapital.

isi dari welcome.php

Perhatikan gambar di atas (isi dari welcome.php) . Syarat dari controllers yaitu, nama file harus sama dengan nama class. Sehingga jika nama file yang dibuat adalah "Welcome.php" , maka nama class yang dibuat juga harus "Welcome".

Create New Controllers

Sebagai contoh, kita buat 1 file baru dengan nama "Home.php" di dalam folder Controllers. Isi filenya seperti berikut

Cara akses controllers yang baru dibuat yaitu "localhost/nama_project/index.php/nama_controller" . Jika sebelumnya sudah buat controller dengan nama Home, maka kita dapat akses dengan cara localhost/arickanjass/index.php/home (aricknjass adalah nama project & home adalah nama controller)

output controller home.php

Create New Controllers-Function

Setelah berhasil membuat controller baru, berikutnya kita akan mencoba membuat function baru. Function berfungsi untuk memisahkan action-action supaya tidak bercampur di 1 function. Sebagai contoh, kita akan membuat 3 function baru yaitu "add", "edit", dan "delete". Berikut contoh code nya

Cara akses function baru yaitu, "localhost/nama_project/index.php/nama_controller/nama_function" . Jika kita ingin akses function add, maka URL nya menjadi "localhost/arickanjass/index.php/home/add" .

function add codeigniter

Change Welcome to Home Controllers

Jika diperhatikan, saat kita mengakses localhost/project, maka akan hit ke Welcome.php pada controller. Cara mengubahnya yaitu edit file routes.php di dalam folder project/application/config

routes.php codeigniter

Silahkan ubah $route['default_controller'] value dari 'welcome' menjadi 'home' . Jika sudah, silahkan akses localhost/nama_project anda, maka akan otomatis hit ke function index yang sudah dibuat

change controller routes

Sekian tutorial tentang controllers pada codeigniter. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya

Comments

Popular posts from this blog

Shortcut CTRL + A sampai Z pada Microsoft Word yang Perlu Diketahui

DOWNLOAD : office toolkit 2010 untuk aktivasi office mu!

cheat plants vs zombies menggunakan cheat engine