STRAWBERRY PROLOG: Membuat Background dari Gambar

melanjutkan tutorial sebelumnya, di posting ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menampilkan gambar sebagai background. Ketikkan code program di bawah ini pada lembar kerja baru anda. cara membuat lembar kerja baru klik file > new > pilih strawberry project.
?- 
G_gambar is bitmap_image("C:/Users/ARICKANJASS/Desktop/tutorial prolog/background.bmp",_),
window(_, _, window1(_),"ini judul window",100,50,1000,700).

  • G_gambar adalah sebuah fungsi yang nantinya akan dipanggil untuk menampilkan gambar bitmap image adalah library dari strawberry prolognya sendiri.
  • C:/Users/ARICKANJASS/Desktop/tutorial prolog/background.bmp" adalah alamat file gambar yang ingin ditampilkan. format gambar yang dapat ditampilkan di strawberry prolog adalah .bmp (bitmap image).
  • window(_, _, window1(_),"ini judul window",100,50,1000,700). berarti membuat window yang akan tampil (lihat di post sebelumnya tentang penjelasan membuat window).

lanjutkan code di atas dengan code berikut

window1(paint):-
    draw_bitmap(0,0,G_gambar,_,_).

  • window1 adalah nama dari window yang sebelumnya dibuat, sedangkan paint adalah nama library dari strawberry prolog yang berarti menampilkan. begitu juga draw_bitmap adalah library dari prolog sendiri.
  • (0,0) adalah koordinat yang berarti gambar tersebut akan muncul dari awal titik 0,0, G_gambar adalah nama fungsi dari gambar yang telah di buat sebelumnya.

jika dirun maka outputnya akan seperti ini

gambar
hasil

Comments

Popular posts from this blog

cheat plants vs zombies menggunakan cheat engine

STRAWBERRY PROLOG: Membuat Garis (Line)

DOWNLOAD: Emulator PlayStation 1 (PS1) for Windows